Tak Boleh Asal, Begini Cara Menyiapkan Makanan Untuk Bayi 6 Bulan

Leave a Comment

Cara Menyiapkan Makanan Untuk Bayi 6 Bulan

Makanan anak kecil
Sebagai seorang ibu, sudah sewajarnya menjadi tanggungjawab kita nutrisi dan makanan apa yang ada dikonsumsi bayi kita. Jenis makanan yang bakal dikonsumsi tentu mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia anak. Jika di awal-awal setelah proses melahirkan bayi biasanya hanya diberikan ASI ekslusif, namun saat memasuki usia 6 bulan, bayi membutuhkan asupan makanan lain sebagai pendamping ASI. 

Menurut WHO, makanan pendamping ASI memang sebaiknya sudah diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Makanan pendamping ini tentunya harus mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi. Selain itu makanan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan kondisi usia bayi, mulai dari rasa, bahan, dan tesktur makanan tersebut. Untuk itu lah seorang ibu perlu mengetahui cara menyiapkan makanan untuk bayi usia 6 bulan. 



1. Pilih Bahan Makanan Yang Aman


Pertama yang wajib bunda perhatikan adalah bahanya. Pilihlah yang aman untuk pencernaan di bayi. Usia 6 bulan bayi baru awal-awal mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Tentu bahanya harus sangat diperhatikan. Bunda bisa menyiapkan makanan yang terbuat dari sayur atau buah. Hanya saja pilih yang benar-benar segar dan aman. Bunda juga bisa memilih susu formula sebagai pendamping asi, bubur sun atau bubur yang bunda buat dari nasi cekelat. Jenis ini cukup baik untuk pencernaan di bayi. 


2. Kombinasikan Makanan Untuk Asupan Gizi Yang Cukup


Pastikan pula jika kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan pendamping ini cukup untuk kebutuhan gizi bayi. Setidaknya makanan tersebut mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Bunda bisa menggunakan kombinasi beberapa bahan di bawah ini untuk membuat makanan pendamping, antara lain adalah: 

· Sereal, pilih dengan kandungan bebas guten 

· Buah dan sayuran (yang dihaluskan) 

· Daging yang dihaluskan, seperti daging ayam atau sapi 

· Bubur kacang-kacanga 

· Bubur tahu 

· Dan lainnya 

Semua bahan-bahan makanan diatas dicampurkan dengan ASI ataupun susu formula dan kemudian diberikan kepada bayi berusia 6 bulan. 


3. Haluskan Makanan


Karena sistem pencernaan bayi belum bekerja maksimal, tentu saja bahan-bahan makanan tersebut harus dihaluskan terlebih dahulu. Bunda bisa mengukus atau merebus sayur dan buah terlebih dahulu sebelum nantinya di blender untuk dijadikan puree. Namun perhatikan saat bunda mengukus atau merebus buah dan sayuran tersebut, jangan terlalu lama sebab akan semakin banyak nutrisi yang terbuang. 

Sebagai makanan pertama, usahakan untuk membuat konsistensi bubur atau puree sedikit encer. Hal ini karena bayi yang terbiasa meminum ASI belum bisa mencerna bahan yang lebih padat. Seiring dengan berjalannya waktu, bunda bisa membuat puree semakin kental. 


cara dapat babysitter murah
babysitterjakarta.com kami memberikan yang terbaik untuk putra-putri Anda


4. Makanan Dibagi Dalam Porsi Kecil


Puree atau bubur yang sudah bunda buat bisa bunda bagi-bagi dalam 5-7 porsi kecil. Makanan ini nantinya bisa bunda langsung simpan di freezer dan kemudian bisa bunda sajikan kembali jika ingin diberikan kepada bayi. Untuk penyimpanan, bunda bisa mencoba menggunakan cetakan es batu ataupun kantung plastic bersegel sebagai tempat penyimpanan.

Yang pasti jangan berikan bayi porsi besar sekali ia makan. Cukup berikan dalam porsi kecil secara bertahap. Ingat, bahwa makanan yang bunda buat hanyalah makanan pendamping.

5. Pilihan Wadah Makanan


Saat akan memberikan makanan pertama bagi bayi, memang tidak serta merta akan langsung diterima. Kebanyakan bayi akan menolak dan hal ini wajar saja, mengingat selama ini bayi hanya memakan ASI saja. Untuk membantu agar bayi tertarik makanan puree atau bubur yang sudah anda buat, anda bisa mencoba dengan menggunakan wadah makanan yang menarik perhatian si kecil.

Entah itu dari warna maupun bentuk, sehingga membuat bayi tertarik dan penasaran dengan makanan yang anda buat. Namun pastikan jika bunda memilih material wadah makanan yang tidak berbahaya. Gunakan wadah seperti keramik, kaca, atau stainless steel untuk wadah makanan. 



Kesimpulan

Nah itulah cara menyiapkan makanan untuk bayi berusia 6 bulan. Saat awal pemberian makanan pendamping ASI ini, bunda bisa mencoba memberikan satu bahan terlebih dahulu. Setelah dirasa bayi mulai terbiasa dengan makanan pendamping, bunda bisa mengkombinasikan beberapa bahan untuk membuat puree kesukaan buah hati.

Yang pasti makanan pendamping memiliki peranan yang sangat penting dan sangat dianjurkan oleh para ahli. Jika bunda merasa kerepotan dalam membuat makanan pendamping atau membutuhkan pengasuh bayi (baby sister), bunda bisa kontak Yayasan Harapan Bunda.Yayasan ini sudah sejak 1996 telah berhasil menyalurkan baby sitter yang memiliki kemampuan terampil, jujur dan terpercaya.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar