Langkah-Langkah Menyiapkan Makanan Untuk Bayi 1 Tahun

Leave a Comment

Langkah-Langkah Menyiapkan Makanan Untuk Bayi 1 Tahun

makanan apakah yang paling cocok untuk anak 1 tahun yang senang makan
sumber gambar : sarahremmer.com


Bayi berumur 1 tahun membutuhkan asupan gizi yang baik untuk menunjang kebutuhan harian dan pertumbuhan mereka. Kondisi mereka yang masih cukup lemah dengan kemampuan mengunyah yang masih sederhana, membuat kita harus tahu cara menyiapkan makanan untuk bayi 1 tahun yang tepat. Cara pemberian makanan yang tidak tepat bisa saja malah akan berbahaya bagi bayi usia 1 tahun.

Pada usia 1 tahun, makanan memiliki peranan yang sangat penting untuk bayi memasuki fase tumbuh kembangnya. Dalam tahun pertama ini, biasanya bayi memiliki kecepatan pertumbuhan yang mengagumkan. Karena itu, pemberian makanan yang tepat sangat dianjurkan. Pada usia ini, anak sudah sia diberi makan tiga kali sehari dengan tetap memberikan camilan pada waktu-waktu tertentu sebagai selingan.

Bunda sudah bisa memberikan makanan si kecil berupa makanan padat sebagaimana yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Hanya saja, makanan padat tersebut harus dibentuk atau dibuat supaya mudah dikunyah, ditelah dan juga dicerna oleh bayi usia 1 tahun. Ingat, bahwa sistem pencernaan bayi 1 tahun berbeda dengan orang deasa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa hal yang musti bunda perhatikan terkait dengan cara menyiapkan makanan untuk bayi usia 1 tahun:

1. Memilih bahan makan yang aman

Bunda boleh memberikan makanan yang bervariasi pada bayi. Yang penting makanan tersebut aman. Tidak hanya aman untuk pencernaanya, tetapi juga aman saat dikunyah dan ditelan. Beberapa jenis bahan mananan yang aman untuk pencernaan bayi dan banyak dianjurkan misalnya nasi coklat yang memiliki banyak kandungan vitamin B, protein, dan mineral lebih banyak dibandingkan nasi putih. bunda juga bisa berikan ubi yang kaya akan fitokimia sebagai benteng pertahanan tubuh untuk serangan berbagai penyakit.

Selain itu, bunda juga bisa berikan daging ayam yang kulitnya dibuang, daging merah, ikan yang bagus untuk perkembangan otaknya, wortel yang baik untuk kesehatan matanya, tomat yang mengandung banyak likopen, dan beberapa sayuran berwarna terang serta susu. Susu penting untuk pertumbuhan tulang anak karena mengandung kalsium dan vitamin D.

2. Mengkombinasikan Makanan Secara Tepat

Ada baiknya dari sekian bahan makanan yang baik dan dianjurkan untuk si kecil, bunda kombinasikan secara tepat. Kombinasi makanan yang bunda berikan sebaiknya mengandung karbohidrat 45-50 kalori untuk setiap 0,5 kilogram berat badannya yang bisa di dapat dari nasi cokelat atau nasi putih, sekitar 14,5gr protein tiap hari yang bisa di dapat dari 25gr daging tanpa lemak, atau 100gr kacang hijau. Bisa juga diganti dengan 1 butir telur.

Jangan lupa berikan buah dan sayuran diberikan 3-4 kali sehari serta susu dan produk olahannya 400-500 ml per hari. Yang penting, tetap berikan ASI ekslusif sampai dengan usia 2 tahun. Makanan lain posisinya hanya sebagai pelengkap saja.

3. Makanan dibuat lembut tapi bertekstur

Penting untuk bunda ketahui, makanan yang akan bunda diapkan untuk si kecil haruslah makanan yang dibuat lembut tepi bertekstur. Si kecil masih sangat mungkin tersedak potongan makanan yang terlalu besar. bayi masih belum bisa mengunyah secara sempurna sampai dengan usia 4 tahun. Pastikan bahwa makanan yang bunda berikan dalam keadaan lembut.

Makanan seperti sayur atau buah harus terlebih dahulu dipotong kecil. Misalnya anggur dan tomat ceri yang sebelumnya harus dipotong kecil. Makanan seperti sosis atau wortel harus diiris kecil-kecil terlebih dahulu. Sebaiknya pula anak makan sambil duduk dan hindari makan sambil berbicara agar mengurangi resiko tersedak.

4. Pemberian aroma yang lembut dan menggugah

Biar makin menggugah selera anak untuk memakan makanan yang telah bunda siapkan, bunda bisa tambahkan aroma yang menggugah selera makan anak. Bunda bisa tambahkan aroma yang lembut. Bahkan kalau anak suka dengan aroma susu, bunda bisa tambahkan aroma susu ke dalam setiap makanan yang bunda siapkan untuk anak.

5. Membentuk makanan yang menarik

Cara menyiapkan makanan untuk bayi 1 tahun yang terakhir adalah dengan membentuk makanan semenarik mungkin. Hal ini untuk menghindari makanan diabaikan oleh si anak. Sebab biasanya, pada usia 1 hingga 3 tahun hal yang paling menarik untuk bermain. Makanan dianggap hanya mengganggu kegiatan utama si kecil yakni bermain. Karena itu, bunda harus bisa membentuk makanan semenarik mungkin untuk anak.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara menyiapkan makanan untuk bayi 1 tahun. Tidak hanya bahanya saja yang harus bunda perhatikan, tetapi juga bentuk dan komposisinya. Bentuk terkait dengan minat anak untuk memakanan makanan yang telah bunda siapkan dan komposisinya sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Jika bunda butuh bantuan terkait dengan baby sitter, bunda bisa kontak Yayasan Harapan Bunda yang telah berdiri sejak 1996. Yayasan penyalur baby sitter memiliki tenaga ahli yang terampil, jujur dan terpercaya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar