5 Aktivitas Fisik Terbaik untuk New Born Baby

Leave a Comment

5 Aktivitas Fisik Terbaik untuk New Born Baby

aktifitas apa saja yang bagus untuk dilakukan pada bayi baru lahir
sumber gambar : essentialparrent.com

Memiliki seorang bayi adalah kebahagiaan tersendiri bagi para pasangan suami istri, khususnya para pasangan yang telah lama mengidam-ngidamkan si kecil. Seorang bayi yang lahir di dunia ini, memiliki masa pertumbuhan yang sangat pesat. Sehingga tidak heran, jika keadaan fisik dan psikologis bayi akan cepat berubah ataupun tumbuh dari hari ke hari.

Secara fisik nan alamiah bayi akan tumbuh besar, dimulai dari otot-otonnya yang tumbuh menjadi semakin kuat, dan tinggi badan bayi yang semakin bertambah panjang. Pertumbuhan fisik tersebut, tentu akan digunakan dalam menjalankan aktivitas fisik atupun motorik. Sedangkan secara psikologis, bayi akan mengalami perubahan dalam menerima stimulus dan respon terhadap lingkungan sekitarnya. Dari stimulus dan respon yang ia lihat atau terima, ia akan mengolahnya ke dalam bentuk tingkah laku sebagai penerimaan ataupun penolakan yang sesuai.

Aktivitas Fisik New Born Baby


Hanya saja, terkadang kita sebagai orang tua bingung memberikan aktivitas fisik untuk new born baby atau bayi yang baru lahir. Padahal saat baru lahir bisa menjadi awal yang sangat baik untuk mulai memperkenalkan hal baik pada si bayi. Lalu apa saja sih, aktivitas fisik yang baik untuk bayi yang baru lahir? Berikut beberapa diantaranya, moms.

1. Mendengar Lantunan Ayat Suci atau Musik Klasik

Setiap suara yang menghasilkan bunyi ini memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah lantunan ayat suci Al-quran yang dibaca dnegan tartil atau sesuai dengan ilmu tajwid. Bacaan Al-quran yang dibaca dengan tartil dan benar ini menghasilkan gelombang yang dapat berpengaruh positif pada otak sesorang, yang hal tersebut berguna dalam mengembalikan keseimbangan tubuh. Sedangkan musik klasik ini berpengaruh terhadap kecerdasan sekitar 65% saja.

2. Menggerakan tangan dan kaki

Untuk melatih otot tangan dan kaki bayi, ajaklah si kecil bermain sepeda di udara. Wah bagaimana caranya yah bun dan pah? Caranya adalah dengan menelentangkan bayi di atas alas yang empuk, kemudian tekan slah satu kaki, dan luruskan kakik yang lainnya seolah si kecil sedang menaiki sepeda. Lakukan pada bayi umur 1 bulan selama bertahap dan kurang lebih 3 menit saja secara rutin.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk pertumbuhan tangan dan kaki yakni berguling dengan bola, caranya dengan membaringkan si kecil diatas bola senam. Hal ini akan melatih gerak tangan dan kaki si bayi saat bola di gerakkan, karena biasanya si kecil akan refleks untuk menjangkau bola. Aktivitas lain yang mungkin dapat dilakukan misalnya, meraih kerincingan bayi, sit up versi bayi, senam bersama dan lain-lain.

3. Menggendong di Pagi Hari Jam 6-7 Pagi

Menggendong dan memluk bayi ini ternyata banyak manfaatnya lho bun dan pah, pasalnya dengan melakukan kedua hal tersebut dapat memberikan kenyamanan dan juga berdampak positif bagi perkembangan otak bayi. Oleh karena itu, sebagai orangtua si kecil jangan sungkan untuk melakukan hal tersebut. Nah, salah satu aktivitas yang perlu dilakukan untuk si kecil yang baru lahir yakni menggendong.

Kegiatan menggendong merupakan bagian terpenting dalam pengasuhan anak, apalagia menggendong di pagi hari jam 6-7 ini dapat membuat perkembangan fisik bayi semakin baik. Karena bayi yang sering di gendong oleh orangtuanya ini akan memiliki ikatan yang kuat dengan orang-orang terdekatnya, terutama orangtua.

4. Mengajak bicara bayi

Aktivitas fisik selanjutnya yakni dengan cara mengajak bicara bayi. Kenapa seorang bayi yang masih kecil perlu di ajak berbicara? Yang pertama, agar si bayi tidak bosan dengan aktivitas yang dia lakukan, semakin dekat dengan orang-orang sekitar, serta melatih kemampuan berbicaranya. Walaupun bayi masih kecil, tapi ia juga bisa berkomunikasi lho, cara dia berkomunikasi biasanya dengan menangis, seperti tanda kalo dia lapar ataupun ingin di gendong.

Nah, jika si bayi sedang mengajak bicara kepada kamu, sebaiknya segeralah respon dengan ikut berceloteh, hal ini agar si bayi merasa diperhatikan, sehingga hubungan kamu dan si bayi tambah semakin kental. Intinya, sering-seringlah ajak berbicara bayi dan tirukan perkataan sang buah hati, serta janganlah ajarilah bayi berbicara baik dan sopan sejak dini.

5. Menunjukan Beragam expresi wajah ceria pada bayi

Hal yang terakhir untuk melatih aktivitas tumbuh kembang bayi yang baru lahir, yakni dengan menunjukkan ekspresi wajah yang ceria pada bayi. Jadi, janganlah sekali-kali kamu menunjukkan wajah yang bengis atau galak pada si bayi. Karena dapat mempengaruhi tingkat emosional dan psikologis bayi. Usahakan saat bayi tersenyum kamu berikan respon terbaik pula berupa balesan senyuman dan sapaan bahagia dengan si bayi.

Kesimpulan

Orang Tua harus peduli pada aktivitas awal newborn baby. aktivitas awal newborn baby sarana interaksi dan pendidikan awal bagi anak. Sehingga aktivitas yang dilakukan harus dilakukan dengan seksama dan hati-hati. Untuk Orang tua atau bunda yang memiliki kesibukan sehingga tidak bisa menjaga anaknya sendiri, disarankan untuk mencari Pengasuh atau baby sitter yang memiliki kemampuan yang baik.

Salah satu rekomendasinya adalah Yayasan Harapan Bunda. Yayasan ini memiliki pengalaman yang panjang karena telah berpengalaman sejak 1996 menyalurkan baby sitter yang terampil, jujur dan terpercaya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar