Cara Mengatasi Kakak dan Adik Bertengkar (Khusus Anak-Anak)

Leave a Comment

Tips Untuk Mengatasi Kakak dan Adik Suka Bertengkar 




Hallo Sahabat Umi Sekalian,
Ternyata sudah lama banget nih umi ga nulis2 lagi disini. Karena kebetulan umi baru aja selesai melahirkan, dan sampai hari ini belum genap 1bulan dari umi melahirkan anak ketiga umi.

Kali ini umi akan sharing tips untuk mengatasi kakak dan adik yang suka bertengkar. Oiya sebagai info tentang latar belakang umi, umi adalah seorang ibu dengan 2 orang anak (1 Meninggal ketika umur 3 bulan). Dahulu sebelum umi menjadi ibu rumah tangga biasa, umi pernah bekerja sebagai guru di taman kanak-kanak selama sekitar 3 tahun. Oleh karena itu, sedikit banyak umi hapal karakter anak-anak.

Dulu umi mengajar di perkampungan yang mana anak-anaknya masih polos dan lucu, kalau dulu sih belum banyak smartphone seperti sekarang yang membuat anak-anak sibuk sendiri.
Oiya.. Waktu itu juga di kelas tk 0 kecil yang umi ajar, ada yang sekelas kakak adik masuk dikelas yang sama. Dan mereka sering sekali bertengkar. Dan dibawah ini adalah tips yang pernah umi praktekan sendiri sewaktu jadi guru untuk mengatasi kedua kakak adik tersebut (Yang notabene masih anak anak) untuk berhenti bertengkar, malah menjadi sangat akur satu sama lainnya hehe.

Yuk.. Umi langsung sharing aja, sedikit pengalaman umi basil disini, ketika mengatasi Pertengkaran Kakak dan Adik.


Ketahui Alasan Bertengkar

Sebelum kita melerai, sebagai orang tua ataupun pengajar kita harus tahu dulu alasan kedua kakak adik tersebut bertengkar. Karena biasanya alasan bertengkarnya sebenarnya itu-itu aja. Dan kalau kita tahu dimana akar permasalahannya mereka bisa langsung jadi akur kembali hehe.

Yang paling sering terjadi adalah berebut mainan "Parebut Maenan" Ceuk orang sunda mah. 
Kalau alasannya seperti ini sebenernya gampang, umi biasanya hanya akan mengambil sumber permasalahannya, yaitu mainan yang diperebutkan lalu kemudian umi akan ambil dan ancam untuk dibuang jika masih bertengkar.

Ancaman membuang sebab pertengkaran biasanya berhasil

Percaya deh bun, dan mamah.. 80% cara ini akan berhasil dan membuat mereka berdua diam. Daripada mainannya dibuang mereka akan memilih untuk berbagi bermain bersama hehe.

Beri pengertian pada yang lebih tua

Hmm... Cara ini adalah cara yang paling sulit, apalagi kalau berhadapan sama yang masih anak-anak. Khususnya anak-anak usia balita. Memberikan pengertian hanya berlaku pada anak SD sepertinya. Namun dalam beberapa kasus umi menemukan juga lho ada anak yang baru berusia 4 tahun namun sudah cukup dewasa untuk diberikan pengertian.

"Kakak.. Kakak ngalah dong sama adik.. Kan kakak udah besar.. Ayo anak pintar.. "

Berikanlah kata-kata dengan lemah lembut ketika memberikan pengertian pada anak-anak. Cara ini sekitar 30% berhasil untuk membuat anak-anak yang bertengkar (Khususnya kakak adik) menjadi diam dan si kakak mengalah. Namun cara ini kadang beresiko juga.. Sebab dalam beberapa kasus si Kakak terpaksa mengalah dan nantinya jadi iseng sama si adik.. Kalau ini yang terjadi.. Yuk simak tips berikutnya.

Jadikan Anak-anak (Si Kakak adik tadi) menjadi satu tim

Nah.. Cara ini cukup berhasil untuk membuat si kakak dan adik lebih harmonis dari sebelumnya. Dengan diberikan suatu permainan yang menuntut kerja sama akhirnya mereka berdua jadi lebih harmonis dan akur satu sama lain. Hehe kadang2 kalau kalah jadi salah-salahan sih.. Namanya juga anak-anak..


Tips Selanjutnya : Hilangkan Salah satu (Bisa si Kakak atau si Adik)

Kakak dan adik apalagi jika jarak umurnya dekat, akan memiliki ikatan emosional yang tinggi. Sekalipun mereka sering berkelahi atau bertengkar karena sebab remeh, sebenarnya mereka saling menyayangi. Namun ya gitu deh anak-anak.

Kalau sudah begini yang terjadi, Umi sih biasanya akan menghilangkan salah satunya (Bukan diculik ya sahabat sekalian hehe). Umi akan sarankan pada orang tuanya untuk membawa si adik ke om atau tantenya selama seharian. Nanti kalau si Kakak mencari-cari tempat bully-an dia Uppss.. Nah Mama bisa bilang ke Kakak. 

Mama Bilang  Ke Si Kakak "Adik kamu hilang Kak T_T"
Bilang dengan penuh ekspresi yang meyakinkan (Sedramatisir mungkin ala termehek mehek hehe). Nanti si Kakak akan nangis deh dijamin! :) (PERCAYALAH)
Nah ketika nangis, bilang adik diambil orang.. Sebab suka berkelahi terus dengan kakak jadi ada yang kasihan dan mengambil adik kamu..
(Sampai kalimat ini biasanya si Kakak akan nangis kejer banget hehe)


Mintalah Si Kakak Berjanji jadi Kakak Yang baik
Inilah hal yang akan terjadi. Si Kakak akan nangis sambil berjanji ga akan usil sama adik lagi dan akan jadi kakak yang baik. Dan kalau Bunda atau mamah sudah puas ngerjain si Kakak.. Tinggal telepon deh Om atau tante yang bawa si adik.. Untuk mulangin si adik..

Reuni yang mengharukan akan terjadi antar kakak adik
Siap-siap pegang kamera ya bun..
Pas si adik datang si kakak akan dengan sangat girangnya menyambut si adik. Sedangkan si Adik mungkin ga tau apa yang terjadi. hehehe maaf ya ngajarin bohongin anak.. Tapi ini buat kebaikan kok..

Nah dijamin setelah kejadian ini, si Kakak akan lebih sayang sama si Adik. Dan kalau bertengkar atau berkelahi sudah mulai sering lagi. Bunda tinggal bilang.. Hayo.. Adiknya diambil Om aja ya.. Niscaya si Kakak akan diam. hehe..

Oiya Bun sekian dulu ya Tips dari Umi tentang Cara Mengatasi Anak-Anak yang bertengkar khususnya kakak dan adik.

Si Abang minta susu nih..
Mudah-mudahan kita bisa jumpa lagi di lain kesempatan :)

Salam Sahabat


Umi Basil
Sahabat-Umi.Com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar